Frequently Asked Question (FAQ):


Q: Apakah Aplikasi Pengaduan Masyarakat Dishub Indragiri Hulu ini?
A: Aplikasi Pengaduan Masyarakat Dishub Indragiri Hulu adalah aplikasi pengelolaan dan tindak lanjut pengaduan serta pelaporan hasil pengelolaan pengaduan yang disediakan oleh Dinas Perhubungan kab. Indragiri Hulu sebagai salah satu sarana bagi setiap pejabat/pegawai Dinas Perhubungan Kab. Indragiri Hulu sebagai pihak internal maupun masyarakat luas pengguna layanan Dinas Perhubungan Kab. Indragiri Hulu sebagai pihak eksternal untuk melaporkan dugaan adanya pelanggaran dan/atau ketidakpuasan terhadap pelayanan yang dilakukan/diberikan oleh pejabat/pegawai Dinas Perhubungan Kab. Indragiri Hulu.


Q: Apakah nomor pengaduan itu dan apa yang harus saya lakukan terhadap nomor pengaduan ini?
A: Nomor pengaduan adalah nomor yang digunakan sebagai identitas dari sebuah laporan atau pengaduan yang didapatkan ketika pelapor menyampaikan laporan melalui aplikasi ini. Simpan dengan baik nomor pengaduan yang Anda peroleh, jangan sampai tercecer dan diketahui oleh pihak yang tidak berhak karena pelayanan untuk mengetahui status tindak lanjut pengaduan yang disampaikan hanya dapat diberikan melalui nomor pengaduan tersebut.


Q: Apakah bentuk respon yang diberikan kepada pelapor atas pengaduan yang disampaikan?
A: Respon yang diberikan kepada pelapor berupa respon awal (ucapan terima kasih telah melakukan pengaduan) dan status/tindak lanjut pengaduan paling akhir sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan. Respon terkait dengan status/tindak lanjut pengaduan dapat dilihat dalam history pengaduan.


Q: Berapa lama respon atas pengaduan yang disampaikan diberikan kepada pelapor?
A: Sesuai dengan KMK 149 tahun 2011 jawaban/respon atas pengaduan yang disampaikan wajib diberikan dalam kurun waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak pengaduan diterima. Untuk respon yang disampaikan tertulis melalui surat dapat diberikan apabila pelapor mencantumkan identitas secara jelas (nama dan alamat koresponden). Untuk respon dari media pengaduan lainnya akan disampaikan dan diberikan sesuai identitas pelapor yang dicantumkan dalam media pengaduan tersebut.


Q: Apakah pengaduan yang saya berikan akan selalu mendapatkan respon?
A: Pengaduan yang Anda berikan akan direspon dan tercantum dalam aplikasi ini dan akan terupdate secara otomatis sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan. Untuk dapat melihat respon yang diberikan, Anda dapat melihat status pengaduan dalam menu Lihat Pengaduan sesuai dengan nomor pengaduan yang didapatkan.
Sebagai catatan, pengaduan Anda akan lebih mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur pengaduan.


Q: Apakah kerahasiaan identitas saya sebagai pengadu/pelapor terjaga?
A: Kerahasiaan identitas Anda sebagai pelapor akan terjaga seperti yang telah disebutkan dalam KMK 149 tahun 2011. Namun agar kerahasiaan identitas Anda dapat lebih terjaga sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal sebagaimana disebutkan di sini.